Penelitian ini bertolak dari adanya permasalahan tentang rendahnya hasil belajar siswa, yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode maupun media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode quantum learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai, yang terdiri dari 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 22 soal, dan lembar pengamatan untuk aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dengan menerapkan metode quantum learning, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas belajar hanya 30%, pada siklus II hanya 56,25%, dan pada siklus III terjadi peningkatan yaitu 70%. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 54,55%, pada Siklus II sebesar 59,09%, dan meningkat pada siklus III menjadi 65,91%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar maupun aktivitas guru di kelas IV SD Negeri 1 Daruba.Kata Kunci: Pembelajaran, Quantum Learning, Hasil Belajar, PTK, IPA SD
Copyrights © 2017