SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 1, No 1 (2017)

MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VII.2 SMP NEGERI 1 BARRU

- Dahliah (Guru SMP N 1 Barru Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran Matematika pada kelas VII.2 di SMP Negeri 1 Barru melalui metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertolak dari hasil data pra-tindakan bahwa hasil ulangan harian siswa VII.2 SMP Negeri 1 Barru banyak ditentukan oleh hasil belajarnya di rumah, dan hanya sedikit dari proses belajarnya di kelas. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi implementasi model pembelajaran NHT dan observasi kosentrasi siswa dalam belajar. Data wawancara di analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data observasi dianalisis dengan prosentase dan kategorisasi. Pengabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Triangulasi sumber yaitu peneliti, observer, dan siswa serta triangulasi metode yaitu data wawancara dan data hasil observasi. Hasil penelitian tindakan ini mengungkapkan bahwa pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) yang mencapai 78 persen atau berkategori “baik” dapat merangsang dan menantang siswa untuk meningkatkan kosentrasinya dalam pembelajaran. Hasil ini berdasarkan data wawancara dan didukung oleh data peningkatan konsentrasi siswa dalam belajar yang meningkat menjadi kategori “tinggi” 75,5 persen pada akhir tindakan.Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Konsentrasi, Hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...