IC Tech: Majalah Ilmiah
Vol 12 No 1 (2017): IC Tech: Majalah Ilmiah Volume XII No. 1 April 2017

Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 3 Berbasis Animasi 2D

Maulana, Much. Rifqi (Unknown)
Rusli, Christian Yulianto (Unknown)
Ristiyanah, Ristiyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Dalam dunia pendidikan proses pembelajaran sering kali dihadapkan pada materi yang abstrak dan diluar pengalaman siswa sehari-hari sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan akan menjadi lemah dan menyebabkan siswa tidak berkembang. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang mana dapat dikatakan juga sebagai dasarnya ilmu karena didalamnya mengandung ilmu logika. Di SD Muhammadiyah 02 Comal sendiri, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang cukup disukai oleh siswa-siswinya terutama untuk siswa kelas 3, namun kebanyakan mereka kurang berminat untuk mendalami pelajaran ini karena cukup sulit untuk dipahami. Kesulitan yang dialami guru dalam menerangkan materi matematika dengan metode kovensional juga menjadi salah satu kendala sehingga siswa menjadi sulit untuk memahami materi yang disampaikan. Pemanfaatan Multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi 2D dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji user, 75% dari 20 responden menyatakan bahwa dengan memanfaatkan multimedia sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi 2D dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ictech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Sistem Informasi Rekayasa Perangkat Lunak dan pengembangannya. Kecerdasan buatan dan aplikasinya Komunikasi data dan sistem keamanan Rekayasa Perangkat Lunak dan pengembangannya Image Processing / Olah citra Sistem Informasi Geografis Vision komputer dan Pengenalan pola Sistem Informasi ...