Saat ini sudah banyak pelaku usaha memanfaatkan ecommerce sebagai media pemasaran. Salah satu jenis ecommerce adalah emarketplace. Penggunaan emarketplace yang tepat akan berdampak terhadap profitabilitas bisnis. Penelitian ini melakukan pemilihan emarketplace dengan metode Fuzzy AHP dan VIKOR. Alternatif emarketplace yang dipilih merupakan tiga besar yang sering dikunjungi di Indonesia pada 2019 quartil 1. Sumber data berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada pengguna emarketplace. Dari hasil penelitian, kriteria yang mempengaruhi kualitas emarketplace antara lain : service quality (28.4%), system quality (23.1%), information quality (25,1%) dan vendor specific quality (23.4%). Sedangkan urutan perangkingan alternatif : SH (Qj=0.000), TP (Qj=0.068) dan BL (Qj=0.069). dari solusi kompromi, SH merupakan alternatif terbaik dalam pemilihan emarketplace dengan metode Fuzzy AHP dan VIKOR. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam pemilihan emarketplace.
Copyrights © 2019