Proses pembelajaran masa praaksara di SMP Negeri 1 Buaran yang menggunakan gambar 2D serta belum adanya alat bantu atau peraga untuk menggambarkan benda purba menjadi salah satu kendala. Keterbasatasan visualisasi gambar yang terdapat pada buku membuat siswa tidak leluasa untuk mengamati gambar lebih detail. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, maka diusulkanlah aplikasi sebagai media bantu untuk memvisualisasikan benda purba yang terdapat pada materi masa praaksara. Aplikasi menggunakan marker yang dicetak sendiri untuk memunculkan objek 3D sebagai ganti alat peraga. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan tombol yang memuat informasi objek 3D melalui pesan suara atau dubbing. Aplikasi Visualisasi Benda Purba ini dirancang menggunakan software Unity dengan metode pengembangan multimedia menurut Sutopo yang terdiri atas 6 tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Dalam tahap pengujian menggunakan GUI dan UAT. Melalui serangkaian tahap pengembangan dan pengujian tersebut maka telah dihasilkan Visualisasi Benda Purba Berbasis Augmented Reality sebagai media bantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Adapun kekurangan dari Media pengenalan ini yaitu materi yang diajarkan hanya terfokus pada masa praaksara dan objek benda purba 3D augmented reality kurang lengkap.Kata kunci: Visualisasi, Multimedia, Augmented Reality, Benda Puraba
Copyrights © 2019