Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia pendidikan. Di era pendidikan saat ini mulai banyak bermunculan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran, khususnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Ada banyak jenis media pembelajaran seperti e-module, lab virtual, augmented dan virtual reality, serta berbagai media pembelajaran lainnya. Bahkan media pembelajaran berbasis smartphone sudah bermunculan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone yang layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran fisika pada materi pembelajaran momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dengan desain yang diadopsi dari tipe ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, & Evaluation). Lokasi penelitian ini adalah MA NW Ridhol Walidain, Lombok Timur, NTB. Sampel penelitiannya adalah 3 orang ahli sebagai validator dan 20 orang siswa sebagai subjek penelitian. Analisis data penelitian menggunakan simpangan baku ideal (Sbi) untuk analisis kelayakan dan analisis percentage of agreement untuk analisis reliabilitas instrumen dan analisis N-gain untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa setelah pembelajaran menggunakan media smartphone. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong sangat layak (valid) dan instrumennya juga reliabel. Hasil analisis N-Gain Menunjukkan, terdapat peningkatan kreativitas verbal dan figural pada kategori sedang dan tinggi setelah siswa melaksanakan pembelajaran berbantuan media pembelajaran berbasis smartphone.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025