Perkembangan teknologi digital, terutama Big Data, telah membawa pengaruh besar terhadap sektor pendidikan, khususnya dalam mendorong peningkatan literasi digital siswa melalui pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana pemanfaatan Big Data dalam pembelajaran e-learning dapat meningkatkan literasi pembelajaran digital siswa. Melalui analisis data e-learning, guru mampu menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan setiap siswa, memantau kemajuan mereka secara lebih mendetail, serta mengenali kebutuhan spesifik siswa. Dengan demikian, penerapan Big Data dapat berkontribusi pada peningkatan literasi digital siswa dalam proses pembelajaran e-learning. Dengan metode studi literatur digunakan untuk mengkaji berbagai penelitian terkait penerapan Big Data dalam pendidikan personalisasi pembelajaran dan pemantauan kinerja siswa. Hasil menunjukkan bahwa integrasi Big Data mendukung pembelajaran digital yang lebih efektif dan meningkatkan literasi siswa dalam menghadapi tantangan era teknologi yang memungkinkan analisis real-time, personalisasi konten, dan peningkatan interaksi guru-siswa, yang secra signifikan meningkatkan literasi digital siswa
Copyrights © 2025