Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang analisis layanan dasar bimbingan dan konseling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Pontianak. Bentuk penelitian menggunakan study survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 67 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dengan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan angket tertutup yang dibagikan kepada siswa. Analisis data menggunakan persentase correction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Pontianak dengan persentase 83,25% pada kategori “Baik” yang berarti bahwa bahwa layanan dasar bimbingan dan konseling memang sudah diterapkan dan dapat dikatakan berhasil. Pelaksanan layanan klasikal dengan persentase 84,95% termasuk kategori “Baik”. Pelaksanaan layanan orientasi dengan persentase 85,61% termasuk kategori “Baik”. Pelaksanaan layanan informasi dengan persentase 84,16% termasuk kategori “Baik”. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan persentase 76,17% termasuk kategori “Baik”. Pelaksanaan layanan pengumpulan data 85,19% termasuk kategori “Baik”. Berdasarkan uraian diatas secara umum analisis layanan dasar bimbingan dan konseling pada siswa kelas VIII sudah tahapan berhasil dilakukan di SMP Negeri 13 Pontianak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025