Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 2 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Mengeksplorasi Pro-Kontra Pemanfaatan Teknologi AI Bagi Mahasiswa PGMI Unzah Sebagai Calon Guru Di Tingkat Dasar

Taufik, Mohammad (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Mufidah, Nani Zahrotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Artikel ini membahas peran teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam mempersiapkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Zainul Hasan (UNZAH) sebagai calon guru di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi pandangan pro dan kontra terkait pemanfaatan teknologi AI dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AI berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran, memfasilitasi personalisasi pembelajaran, dan menyediakan sumber daya pendidikan yang lebih kaya. Namun, di sisi lain, terdapat tantangan yang harus dihadapi, seperti ketergantungan terhadap teknologi, masalah privasi data, serta potensi pengurangan interaksi manusia dalam proses belajar mengajar. Dengan memahami kedua perspektif ini, diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kurikulum PGMI UNZAH dan integrasi teknologi AI dalam proses pendidikan di tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...