Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 2, No 1 (2025): Maret 2025

Simbolisme Hewan Kambing pada Marga Hutajulu Pomparan Ompu Raja Hatulian (Studi Kasus di Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba)

Sibarani, Sinur Maria Evalin (Unknown)
Daud, Daud (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami latar belakang dan makna simbolisme hewan kambing pada masyarakat Marga Hutajulu Pomparan Ompu Raja Hatulian. Simbolisme ini berkaitan erat dengan kepercayaan turun-temurun bahwa hewan kambing memiliki peran penting dalam sejarah leluhur mereka, khususnya dalam peristiwa penyelamatan Ompu Raja Hatulian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan tokoh adat dan masyarakat, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbolisme hewan kambing tidak hanya berfungsi sebagai aturan adat, tetapi juga sebagai identitas budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Simbolisme kambing dapat ditemukan pada gapura Desa Ompu Raja Hatulian dan tugu Ompu Raja Hatulian, yang menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya sejarah dan nilai-nilai leluhur mereka. Larangan mengonsumsi daging kambing dalam masyarakat ini didasarkan pada keyakinan historis dan simbolis, di mana kambing dianggap sebagai penyelamat dan penjaga keseimbangan sosial. Dampak dari tradisi ini mencakup penguatan solidaritas sosial dalam kelompok kekerabatan serta pemeliharaan nilai-nilai adat yang tetap relevan dalam kehidupan masyarakat modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...