Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 2, No 1 (2025): Maret 2025

Penerapan Bermain Sepak Bola Orientasi Mencetak Gol Berbasis Problem Base Learning pada Siswa

Evenvinson, Erik (Unknown)
Handayani, Ririn (Unknown)
Dwiyawati, Wendy (Unknown)
Nasution, Akhir Sulaiman (Unknown)
Manalu, Nimrot (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan bermain sepak bola dengan orientasi mencetak gol menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan mencakup hasil keterampilan bermain siswa dalam situasi permainan yang tekanan pencapaian gol serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Pengukuran dilakukan melalui tes performa bermain sepak bola yang fokus pada kemampuan mencetak gol dan lembar observasi untuk menilai partisipasi aktif siswa.Dalam penerapan pembelajaran, permainan disimulasikan dalam bentuk skenario small sided games seperti 3 vs 2 dan 4 vs 2, di mana jumlah pemain penyerang lebih banyak daripada pemain bertahan. Kondisi ini dirancang untuk memaksimalkan peluang mencetak gol dan melatih siswa dalam memanfaatkan keunggulan jumlah pemain saat menyerang. Siswa dilatih untuk menciptakan ruang, melakukan kombinasi passing, dan mengambil keputusan cepat dalam situasi keunggulan jumlah ini, sehingga keterampilan menyerang lebih terasah dibandingkan bertahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan model permainan seperti 3 vs 2 dan 4 vs 2 mampu meningkatkan pemahaman taktis siswa dalam bermain sepak bola, khususnya dalam menciptakan peluang dan mencetak gol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...