Inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem merupakan salah satu bentuk upaya guru-guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X. Pengembangan bahan ajar merupakan topik yang banyak dikembangkan, namun untuk pemanfaatan potensi lokal belum banyak dilakukan. Maka, peneliti mengkaji artikel-artikel penelitian terkait pengembangan atau inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi ekosistem pada peserta didik kelas X dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal dan pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis potensi lokal tersebut terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas X di materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode literature review terdiri dari lima tahapan. Artikel yang didapatkan ditabulasikan dalam tabel dengan poin yang mengkaji model pengembangan bahan ajar yang digunakan, dasar dilakukan pengembangan bahan ajar, jenis bahan ajar yang dikembangkan dan jenis potensi lokal yang dimanfaatkan, dan pengaruhnya terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Kajian artikel-artikel tersebut menjelaskan sebuah kebutuhan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem untuk meningkatkan pemahaman, hasil dan motivasi belajar pada peserta didik kelas X. Faktor penyebab dari bahan ajar dapat mempengaruhi hasil dan motivasi belajar dikarenakan adanya potensi lokal sehingga peserta didik mudah memahami dan desain bahan ajar yang menarik.
Copyrights © 2025