Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2025): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi

Tinjauan Pustaka: Inovasi Bahan Ajar Ekosistem Melalui Pendekatan Potensi Lokal sebagai Solusi Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar

Ie, Johanes Juan Yutama Putra (Unknown)
Kasmiyati, Sri (Unknown)
Meitiniarti, Vincentia Irene (Unknown)
Kristiani, Elizabeth Betty Elok (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem merupakan salah satu bentuk upaya guru-guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X. Pengembangan bahan ajar merupakan topik yang banyak dikembangkan, namun untuk pemanfaatan potensi lokal belum banyak dilakukan. Maka, peneliti mengkaji artikel-artikel penelitian terkait pengembangan atau inovasi bahan ajar berbasis potensi lokal pada materi ekosistem pada peserta didik kelas X dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal dan pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis potensi lokal tersebut terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas X di materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode literature review terdiri dari lima tahapan. Artikel yang didapatkan ditabulasikan dalam tabel dengan poin yang mengkaji model pengembangan bahan ajar yang digunakan, dasar dilakukan pengembangan bahan ajar, jenis bahan ajar yang dikembangkan dan jenis potensi lokal yang dimanfaatkan, dan pengaruhnya terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Kajian artikel-artikel tersebut menjelaskan sebuah kebutuhan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal di materi ekosistem untuk meningkatkan pemahaman, hasil dan motivasi belajar pada peserta didik kelas X.  Faktor penyebab dari bahan ajar dapat mempengaruhi hasil dan motivasi belajar dikarenakan adanya potensi lokal sehingga peserta didik mudah memahami dan desain bahan ajar yang menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan ...