Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 13 No. 05 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Edisi Khusus)

PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN STRATEGI BISNIS ONLINE TO OFFLINE (O2O) TERHADAP BUSINESS SUSTAINABILITY DI ERA DIGITAL DENGAN EMPLOYEE CREATIVITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA UMKM MITRA MARKETPLACE PARTO.ID)

Jihan, Salsandra (Unknown)
Fitriaty, Fitriaty (Unknown)
Lubis, Tona Aurora (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Digital, Strategi Bisnis Online to Offline (O2O), dan Employee creativity terhadap Business sustainability pada UMKM yang bermitra dengan Marketplace Parto.id di Kota Jambi, dengan Employee creativity sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik purposive sampling pada 88 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui Smart PLS 4.0 untuk menguji validitas outer model dan hubungan antar variabel pada inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Digital tidak berpengaruh langsung terhadap Business sustainability, namun memiliki pengaruh signifikan melalui mediasi Employee creativity. Sementara itu, Strategi Bisnis O2O berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun melalui mediasi Employee creativity. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan literasi digital dan kreativitas karyawan sebagai kunci keberhasilan strategi O2O untuk meningkatkan keberlanjutan bisnis UMKM di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...