Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pengaruh Kejelasan Komunikasi Guru Terhadap Efikasi Diri Akademik Peserta Didik

Ria Junita Tampubolon (Unknown)
Sukarman Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh kejelasan komunikasi guru terhadap efikasi diri akademik siswa. Pemahaman siswa terhadap materi dan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi hambatan akademis dianggap dapat ditingkatkan dengan komunikasi yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komponen-komponen yang memengaruhi efikasi diri akademis dan menilai sejauh mana kejelasan komunikasi guru memengaruhinya. Survei korelasional dan teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan 95 siswa dari SMA Negeri 8 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejelasan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri akademik siswa, dengan kontribusi sebesar 60,2%. Di antara faktor-faktor yang diidentifikasi, media komunikasi memberikan kontribusi terbesar (48,1%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi yang jelas dari guru dapat meningkatkan efikasi diri akademik siswa, yang berdampak positif pada pencapaian akademik mereka. Oleh karena itu, pendidik disarankan untuk meningkatkan kejelasan komunikasi dalam mendukung perkembangan akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...