Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terhadap Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa

Icah Juriah (Unknown)
Maysaroh (Unknown)
Mara Untung Ritonga (Unknown)
Abdurahman Adisaputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar Bahasa Indonesia dan pengaruhnya terhadap tingkat pemahaman isi bacaan siswa. Studi ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Beberapa bahan ajar yang digunakan masih memiliki keterbatasan dalam hal penyajian materi, struktur teks, dan relevansi dengan pengalaman siswa, sehingga menyulitkan mereka dalam memahami isi bacaan. Selain itu, ditemukan bahwa faktor seperti penggunaan bahasa, ilustrasi pendukung, dan keterkaitan dengan konteks kehidupan siswa berperan penting dalam meningkatkan efektivitas bahan ajar. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya pengembangan bahan ajar yang lebih interaktif, kontekstual, dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa agar dapat meningkatkan keterampilan membaca dan berpikir kritis mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...