Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Penerapan Scrabble Untuk Mengukur Keterampilan Kosakata Siswa Kelas 2 SD Negeri 106151 Hamparan Perak

Muhammad Kalkautsar (Unknown)
Rijal Sianturi (Unknown)
Mara Untung Ritonga (Unknown)
Abdurahman Adisaputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan permainan Scrabble sebagai alat untuk mengukur dan meningkatkan keterampilan kosakata siswa kelas 2 di SD Negeri 106151 Hamparan Perak. Keterampilan kosakata merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa siswa yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara efektif. Permainan Scrabble, yang mengharuskan pemain untuk menyusun kata-kata dari huruf yang tersedia, dipilih sebagai metode yang menyenangkan dan interaktif untuk memperkaya kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data utama, yang dilakukan terhadap guru kelas 2, Ibu Dewi, serta observasi terhadap aktivitas siswa selama penerapan permainan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Scrabble tidak hanya meningkatkan keterampilan kosakata siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran bahasa, memperkuat konsentrasi, dan memperbaiki kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian, penerapan Scrabble terbukti efektif sebagai metode untuk mengukur dan meningkatkan keterampilan kosakata siswa, serta memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa di kelas 2 SD Negeri 106151 Hamparan Perak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...