MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 12 No 1 (2025): Maret

Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design di Kelas IV Sekolah Dasar

Berlian, Raisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) melalui model pembelajaran meaningful instructional design di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep IPA siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 52,08 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai rata-rata 70,83 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar.

Copyrights © 2025