MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 12 No 1 (2025): Maret

Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang

Cahyani, Ni Made (Unknown)
Khoiri, Nur (Unknown)
Nurkolis, Nurkolis (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka, pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dan evaluasi strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Pertama Nasima Kota Semarang.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: orientasi, eksplorasi fokus, dan analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dilakukan dengan meliputi identifikasi kebutuhan, penetapan program sekolah dan sosialisasi program. 2) Pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dengan menciptakan pembelajaran yang inovatif, merancang program P5 sesuai dengan tema yang ditentukan, membentuk team dan penanggung jawab pelaksanaan program sekolah. 3) evaluasi strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka dengan menentukan instrumen penilaian berupa angket dan lembar observasi.

Copyrights © 2025