MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 9 No 3 (2022): September

Inovasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kreativitas Guru PAI

Sudirman, Sudirman (Unknown)
Naabillah, Salma (Unknown)
Umaya, Wachidiyatu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar dalam dunia pendidikan, khususnya dalam inovasi media pembelajaran interaktif. Guru PAI dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi guna meningkatkan kreativitas dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap kreativitas guru PAI dalam proses pengajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada beberapa Madrasah di Indonesia. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif, seperti aplikasi berbasis digital, augmented reality, dan game edukatif, secara signifikan meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang menarik dan efektif. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan keterampilan teknologi di kalangan guru. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan media interaktif guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP.

Copyrights © 2022