Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 10, No 2 (2024): December

Penggunaan Base Telegram Dalam Melatih Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar

Munawarah, Mahdina (Unknown)
Setiawan, Muhammad Andri (Unknown)
Rachman, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

This study explores the impact of rapid technological developments on digital literacy in early childhood, which is an important key in facing change. Research highlights Telegram's role as an increasingly popular communications platform in educational contexts. The use of channels such as @EDUFESS proves their effectiveness in increasing students' digital literacy through information exchange and discussion. Based on the results of a preliminary study at SDN Alalak Utara 1 shows that students' use of gadgets has not been optimized for positive activities, while their literacy level is still low. This is one part that needs to be addressed by the role of guidance and counseling in schools which is also related to the 4 areas of guidance and counseling, namely social, learning, personal and career. The research was conducted using the Action Research approach method which focuses on implementing intervention strategies consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages through the use of digital media with research subjects as grade 5 students. The results of the T-Test conducted showed that the use of Base Telegram had an impact which is positive in training students' digital literacy ____________________________________________________________________Studi ini mengeksplorasi dampak pesatnya perkembangan teknologi terhadap literasi digital pada anak usia dini yang menjadi kunci penting dalam menghadapi perubahan. Penelitian menyoroti peran Telegram sebagai platform komunikasi yang semakin populer dalam konteks pendidikan. Penggunaan channel seperti @EDUFESS membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan literasi digital siswa melalui pertukaran informasi dan diskusi. Berdasar pada hasil studi pendahuluan di SDN Alalak Utara 1 yang menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh siswa belum dioptimalkan untuk kegiatan positif, sementara tingkat literasi mereka masih rendah. Hal ini merupakan salah satu bagian yang perlu dibenahi oleh peran bimbingan dan konseling di sekolah yang juga berhubungan dengan 4 bidang BK yakni sosial, belajar, pribadi dan karir. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Action Research yang berfokus pada penerapan strategi intervensi yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui pemanfaatan media digital dengan subjek penelitian siswa kelas 5. Hasil dari Uji-T yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan Base Telegram memberikan dampak yang positif dalam melatih literasi digital siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...