Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP)
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP) Februari 2025

Eksplorasi Dinamika Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) di Tingkat Sekolah Menengah

Fitra, Awaludin (Unknown)
Sianturi, Fricles Ariwisanto (Unknown)
Sitio, Arjon Samuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) di tingkat sekolah menengah. Virtual Reality menawarkan lingkungan belajar yang imersif, memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dengan materi pembelajaran melalui simulasi yang mendekati pengalaman nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait implementasi VR dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi VR memberikan dampak signifikan pada kualitas interaksi guru dan siswa. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung siswa dalam menavigasi dan memahami materi melalui teknologi VR, sementara siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar, pemahaman konsep yang lebih mendalam, dan keterlibatan aktif selama proses pembelajaran. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kendala teknis, kurangnya pelatihan guru terkait penggunaan VR, dan kebutuhan akan perangkat yang memadai untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis Virtual Reality dapat memperkaya interaksi guru dan siswa serta meningkatkan kualitas pembelajaran jika didukung oleh infrastruktur yang memadai dan pengembangan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian pelatihan penggunaan teknologi VR bagi guru serta peningkatan akses terhadap perangkat VR di sekolah untuk memaksimalkan potensi teknologi ini dalam pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIP

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (e-ISSN:2986-9854) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan menjelaskan pengetahuan tentang desain dan teknologi pendidikan, agar menjaga praktisi dan peneliti ...