Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa relevansi konsep Akhlak penghafal Al Qur'an yang dijelaskan dalam kitab Hilyatu Ahlil Qur'an, terhadap perkembangan kompetensi afektif santri penghafal Al Qur'an. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan pendidikan agama Islam dan membantu lebih memahami lagi bagaimana konsep akhlak penghafal Al Qur'an, khususnya bagi peneliti, praktisis pendidikan, dan menjadi sumber refrensi bagi instansi pendidikan. Jenis Penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dalam hal ini mendeskripsikan konsep akhlak penghafal Al Qur'an yang bersumber dari kitab Hilyatu Ahlil Qur'an yang disusun oleh Tim Penyusun Markaz Dirasat wal Ma’lumat Qur’aniyyah Ma’had Imam Asy Syathiby, serta mencari tahu relevansi nya terhadap kompetensi afektif santri. Jenis penelitian Tesis ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan cara observasi lapangan, tes wawancara dan menyebarkan kuesioner. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik dengan cara menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data dengan melakukan observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan konsep akhlak bagi penghafal Al Qur’an, pola pembinaan akhlak santri serta relevansinya terhadap perkembangan kompetensi afektif para santri penghafal Al Qur’an, adapun konsep yang ditemukan antara lain: konsep berakhlak kepada diri sendiri, konsep akhlak kepada guru, konsep akhlak kepada teman, konsep akhlak terhadap masjid, dan konsep akhlak terhadap kehidupan ilmiyahnya. Adapun relevansi penerapan konsep ini pada berbagai kegiatan di pesantren, terlihat bahwa kompetensi afektif santri secara keseluruhan mengalami perkembangan yang baik dan memiliki relevansi yang kuat antara konsep akhlak yang diterapkan pada beberapa kegiatan sebagai pola pembinaan akhlak terhadap perkembangan kompetensi afekti pada berbagai ranahnya.
Copyrights © 2025