J-IKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung
Vol 12, No 1 (2025): April 2025

Strategi Humas AHASS Modern Plaju dalam Menyikapi Komplain Rangka Motor Honda yang Patah

Ritonga, Muslimin (Unknown)
Saputra Wijaya, Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Strategi komunikasi yang tepat dari pihak Humas AHASS Modern Plaju sangat diperlukan untuk merespons keluhan pelanggan dan membangun kembali kepercayaan. General Manager AHASS Modern Plaju menyatakan bahwa kasus-kasus seperti ini cukup jarang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, namun tetap ada produk Honda yang menunjukkan indikator kerusakan pada rangka. Penelitian ini menganalisis strategi hubungan masyarakat (Humas) yang diterapkan oleh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Modern Plaju dalam menangani krisis, khususnya terkait masalah keamanan produk. Dalam teori komunikasi kualitas pelanggan Teori ini menekankan bahwa kepuasan pelanggan yang tinggi akan berkontribusi pada loyalitas pelanggan. Dalam konteks AHASS Modern Plaju, strategi komunikasi yang efektif dalam menangani komplain dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong pelanggan untuk tetap setia pada merek Honda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis data. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi humas AHASS Modern Plaju dalam menyikapi komplain rangka motor honda yang patah, dengan fokus utama pada upaya pemulihan citra, kepercayaan konsumen, dan penyelesaian masalah produk secara komprehensif. Penelitian ini menggali pemahaman tentang pentingnya komunikasi dua arah, transparansi, dan pengelolaan krisis yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Humas yang fleksibel dan responsif sangat diperlukan untuk membangun dan memelihara kepercayaan publik, dan pendekatan yang hati-hati dalam menangani kasus sensitif. Penelitian ini juga mengidentifikasi peran media sosial sebagai saluran komunikasi yang vital dalam mengelola persepsi publik dan merespons keluhan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA) Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Bahasa dan ...