Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

KONSEP GEOMETRIS BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK GAMELAN JAWA DESA LABAN SUKOHARJO

Nurzaytun, Hanifah (Unknown)
Susilowati, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep geometri yang terdapat dalam instrumen gamelan. Dengan pendekatan etnomatematika, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana masyarakat menerapkan prinsip-prinsip matematika dalam tradisi seni mereka. Selain itu, melalui konsep geometri, siswa dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah secara lebih efektif. Menggunakan jenis penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, pemilihan lokasi dan subjek penelitian. Kedua, observasi dan wawancara. Ketiga, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada hasil yang didapat dari pengumpulan data, terdapat hasil kajian etnomatematika pada gamelan jawa menunjukkan bahwa bentuk fisik instrumen-instrumen gamelan mengandung konsep geometri. Dalam pembahasan ini konsep geometri bentuk pada bangun datar dan bangun ruang terdapat pada gamelan gong, saron, bonang, suling, kendang, kempul, demung dan pukulannya. Melalui analisis ini, diharapkan dapat terjalin hubungan yang erat antara seni, budaya, dan matematika sebagai bidang yang saling melengkapi. Hal ini menunjukkan bahwa seni gamelan memiliki keterkaitan yang kuat dengan prinsip-prinsip matematika dalam budaya Jawa. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...