Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 7 No. 8 (2025): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI TIKTOK TERHADAP BRAND AWARENESS SKINTIFIC

Pramesti, Elisa (Unknown)
Prasetyawati, Happy (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Kemajuan teknologi menjadikan berkembangnya alat komunikasi atau informasi seperti media sosial. Penggunaan media sosial ini berdampak bagi semua kalangan karena dapat dengan mudah mengakses informasi, pengetahuan, hiburan, berkomunikasi, dan bahkan melakukan aktivitas jual beli. Banyaknya media sosial yang muncul di era digital mempermudah akses informasi para penggunanya. Salah satu media sosial adalah Tiktok yang penyebaran informasinya berupa video pendek. TikTok ini muncul sebagai sarana baru bagi konsumen untuk menyampaikan pengalaman, berbagi opini, dan memberikan rekomendasi terhadap produk atau layanan yang digunakan kepada penggunana lainnya. Fenomena ini dikenal sebagai EWOM (Electronic Word of Mouth), EWOM di TikTok menjadi strategi penting bagi beberapa merek untuk meningkatkan Brand Awareness. Skintific adalah salah satu merek perawatan kulit yang menjadi diperbincangkan di media sosial Tiktok. Skintific menggunakan Tiktok untuk menghasilkan konten video yang kreatif, informatif, dan menarik perhatian di platform Tiktok dengan memanfaatkan fitur #ForYouPage di TikTok atau EWOM (Electronic Word of Mouth) sebagai strategi pemasarannya. Di dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan non-probability sampling dengan teknik Convenience Sampling kepada 100 responden dengan kriterianya adalah responden yang pernah melihat konten Skintific di Tiktok dan pernah menggunakan produk Skintific. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan Google Form. Uji data dalam penelitian ini mengggunakan SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa EWOM (Electronic Word of Mouth) melalui TikTok memiliki pengaruh yang rendah terhadap Brand Awareness Skintific dengan hasil 27,1% sementara sisanya adalah 73,9% yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...