Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh konsumsi konten video pendek (short content) terhadap perilaku sosial siswa sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah pada siswa kelas IV SD Bosowa School Al Azhar Kota Cilegon yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada semakin maraknya penggunaan media digital oleh anak-anak, khususnya dalam bentuk video berdurasi singkat yang tersedia di berbagai platform seperti TikTok, YouTube Shorts, dan Instagram Reels. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan wali kelas, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi konten short berdampak nyata terhadap aspek sosial siswa, baik secara positif maupun negatif. Dampak negatif meliputi penurunan intensitas komunikasi langsung dengan teman sebaya, serta kecenderungan meniru perilaku yang tidak sesuai dengan norma sosial. Sementara itu, dampak positif yang ditemukan antara lain meningkatnya kreativitas dan kepercayaan diri siswa dalam berekspresi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh konten short terhadap perilaku sosial anak sangat dipengaruhi oleh pola pengawasan dan peran aktif dari orang tua serta guru. Oleh karena itu, diperlukan literasi media digital sejak dini sebagai bentuk mitigasi dampak negatif dan optimalisasi manfaat dari konsumsi konten digital.
Copyrights © 2025