Penelitian ini didasari oleh minimnya pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan e-book berbasis pedekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Memakai metode RnD model 4D yang dialterasi oleh Thiagaradjan. Penelitian dilaksanakan dengan bagian define, design dan develop. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi oleh dosen asli materi, dosen ahli media dan guru IPA SMP di tiga sekolah berbeda yaitu SMPN 5 Rangkasbitung, SMPN 10 Kota Serang dan SMPN 6 Pasarkemis. Hasil memperlihatkan bahwa proses pengembangan e-book dikerjakan menggunakan tiga tahapan seperti identifikasi masalah (define), menghasilkan produk (design) dan mendapatkan kelayakan produk (develop). Tingkat kelayakan e-book berbasis pendekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis tema bahaya merokok memperoleh tolak ukur sangat valid dari ahli materi (85,19%), ahli media (91,66%) dan guru IPA SMP (83,48%). Sehingga nilai keseluruhan mendapatkan 86,78% yang termasuk kategori sangat valid, sehingga produk e-book dinyatakan sangat valid untuk proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025