Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERDADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 86 SINGKAWANG

Susanti, Yuli (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)
Mulyani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi perbedaan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 86 Singkawang antara kelas yang menggunakan model TSTS dan kelas yang tanpa menggunakan model TSTS; 2) Mengetahui pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V; 3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model TSTS pada pelajaran IPAS. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data melalui tes dan non tes. Analisis data dengan uji T untuk dua sampel, perhitungan effect size dan persentase respon siswa. Hasil penelitian 1) Menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPAS siswa kelas V antara yang menggunakan model TSTS dan yang tanpa menggunakan model TSTS, hasil t_hitung t_tabel yaitu 7,521 2,014. 2) Terdapat pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V yaitu effect size hasil belajar sebesar 1,158. 3) Terdapat respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS dengan persentase 89,06% berkriteria sangat baik. Disimpulkan terdapat pengaruh model Two Stay Two stray siswa kelas V SDN 86 Singkawang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...