Penelitian ini ditujukan guna menganalisis tingkat kevalidan dan respon siswa pada soal HOTS berbasis 4TMC materi sistem pencernaan pada.manusia. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Pada penelitiaan ini menggunakan instrumen berupa instrumen wawancara, instrumen angket validasi dan angket respon siswa. Subjek dalam penelitian terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli evaluasi, dan 2 guru IPA serta 30 siswa SMP kelasVIII. Hasil validasi soal HOTS secara keseluruhan mendapatkan presentase kevalidan dari ketiga ahli (ahli materi, ahli evaluasi, ahli guru IPA) yaitu 94.95% dengan kategori.“Sangat Valid” dan hasil respon siswa didapatkan nilai persentase 86.33% dengan kategori “Sangat Baik, sehingga instrumen tes atau soal HOTS berbasis Four Tier multiple Choice materi sistem pencernaan pada manusia ini, dapat menjadi referensi sebagai intrumen tes berpikir tingkat tinggi materi sistem pencernan pada manusia.
Copyrights © 2025