Siswa kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda mempunyai permasalahan ialah pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil belajar yang rendah pada saat tidak menggunakan model pembelajaran yang cenderung berfokus dalam kegiatan pelajar. Kemudian, untuk penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh pengajar disekolah itu ialah model rolling play, discovery learning, praktikum, ceramah dan diskusi. Penelitian ini bertujuan dalam menelaah pengaruh model pembelajaran tipe nested, mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri, serta pengaruh kombinasi model tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti yakni quasi-experimental design yang juga melalui pretest-posttest control group design, sampel penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis data pada ANACOVA menunjukkan memiliki taraf signifikansi (p) (Sig.) sejumlah 0,000 0,05. Sehingga, mampu ditari kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran nested, inkuiri, serta pengaruh kombinasi model pembelajaran tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X di mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda.
Copyrights © 2025