Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA SWAY OFFICE KELAS XI SMA N 5 PEKANBARU

Rose, April (Unknown)
Noer, Asmadi M. (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran sebagai akibat dari sulitnya materi pembelajaran, yang berkontribusi pada kurangnya pemahaman mereka terhadap konsep-konsep. Buku teks sering kali digunakan oleh para pendidik sebagai sumber belajar. PowerPoint adalah media yang digunakan, yang hanya terdiri dari konten tekstual singkat. Akibatnya, siswa mengalami kebosanan dan menjadi kurang terlibat dalam pembelajaran. Media berbasis website Sway Office merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyajikan materi secara ringkas, jelas, dan menarik. Guru dapat berinovasi dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan bantuan media ini. Eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain penelitian Randomised Control Group Design, dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diinstruksikan menggunakan media pembelajaran berkedok website Sway Office, sedangkan kelas kontrol tidak. Pemahaman konsep siswa mengenai larutan penyangga dapat ditingkatkan sebesar 7,7% melalui pemanfaatan media pembelajaran dalam bentuk web sway office. Pada kelompok eksperimen, indikator 1, 2, 4, dan 7 mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan indikator 3 dan 6 tidak. Indikator 5 mengalami peningkatan yang sedang. Indikator 1, 2, dan 4 pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan pada kategori tinggi, sedangkan indikator 3 tidak. Indikator 5, 6, dan 7 mengalami peningkatan pada kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...