Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan disiplin belajar IPAS siswa kelas V dan pembelajaran IPAS di SDN 88 Singkawang; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada kelas IPAS Kelas V SDN 88 Shinkawang. 3) Untuk mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar kelas V IPAS di SDN 88 Singkawang. Penelitian ini dilakukan di SDN 88 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu asosiatif kasual (sebab akibat). SDN 88 Singkawang Kelas V yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling, kelas V dijadikan sebagai sampel. Terdiri dari satu kelas yaitu Kelas VB dengan jumlah siswa 25 orang. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Disiplin belajar siswa kelas V Pembelajaran IPAS SDN 88 Singkawang dengan rata-rata keseluruhan untuk kategori tinggi adalah 84,27. 2) Hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 88 Singkawang berada pada kategori baik dengan rata-rata keseluruhan sebesar 70,22. 3) Terdapat korelasi disiplin belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 88 Singkawan dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 77,44%, sebesar 8,89, dan koefisien korelasi (rs) sebesar 0,88 .
Copyrights © 2025