Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2025)

HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN 88 SINGKAWANG

Dawam, Arif Syah (Unknown)
Anitra, Rien (Unknown)
Sulistri, Emi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1)  mendeskripsikan disiplin belajar IPAS siswa  kelas V dan pembelajaran IPAS di SDN 88 Singkawang; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada kelas IPAS Kelas V  SDN 88 Shinkawang. 3) Untuk mengetahui adakah hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar  kelas V IPAS di SDN 88 Singkawang. Penelitian ini dilakukan di SDN 88 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini yaitu asosiatif kasual (sebab akibat). SDN 88 Singkawang Kelas V yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling, kelas V dijadikan sebagai sampel. Terdiri dari satu kelas yaitu Kelas VB dengan jumlah siswa 25 orang. Dapat disimpulkan bahwa:  1) Disiplin belajar siswa  kelas V Pembelajaran IPAS SDN 88 Singkawang dengan rata-rata keseluruhan untuk kategori tinggi adalah 84,27. 2) Hasil belajar siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V  SDN 88 Singkawang berada pada kategori baik dengan rata-rata keseluruhan sebesar 70,22. 3) Terdapat korelasi disiplin belajar  dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 88 Singkawan dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 77,44%,  sebesar 8,89, dan  koefisien korelasi (rs) sebesar 0,88 .

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...