Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah penerapan jurnal reflektif dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 27 Samarinda. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Desain One Groups Pretest-Posttest Control. Pengambilan sampel dilakukan secara acak di kelas VII, sementara data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa sebelum dan setelah menggunakan jurnal reflektif, dengan nilai p sebesar 0,000 yang mendukung hipotesis penelitian. Hal ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan metakognitif siswa setelah penerapan jurnal reflektif dalam pembelajaran Biologi. Temuan ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami efektivitas jurnal reflektif sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa dalam proses pembelajaran biologi di tingkat SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025