Organisasi Siswa Intra Sekolah atau juga disebut dengan OSIS. OSIS memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengembangkan keterampilan prestasi siswa di sekolah. OSIS juga merupakan salah satus wadah untuk kreativitas siswa. Biasanya osis menyediakan platform bagi siswa untuk mengekspresikan kreativitas siswa melalui lomba-lomba, pentas seni, atau pameran karya dan sebagainya yang mana sudah dirangkum dalam sebuah program yang telah disusun oleh OSIS dan dengan persetujuan pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui, perencanaan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dalam keaktifan dalam mengasah serta meningkatkan keterampilan prestasi siswa SMAN 1 Sambit Ponorogo. (2) Mengetahui, pelaksanaan organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 sambit Ponorogo terhadap pengembangan keterampilan prestasi siswa. (3) Mengetahui, cara evaluasi organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 1 sambit Ponorogo terhadap pengembangan keterampilan prestasi siswa. Untuk menjawab seluruh pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data didapatkan dari beberapa narasumber yaitu pembina OSIS, anggota OSIS, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Johnny Saldana yaitu reduksi data, penyajian data, dan Drawing and Verifying Conclusions. Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa: (1) Dalam proses perencanaan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) SMAN 1 Sambit melakukan sistem perencanaan secara terstruktur mulai dari menganalisis kebutuhan dan potensi siswa hingga evaluasi (2) Pelaksanaan yang dilakukan terkait proses pengembangan keterampilan siswa di SMAN 1 Sambit yakni OSIS sebagai penyelenggara serta fasilitator dalam kompetisi kegiatan akademik maupun non akademik. (3) Dalam memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh OSIS SMAN 1 Sambit terkait pengembangan keterampilan tersebut agar benar-benar berkontribusi positif bagi siswa, Evaluasi dilakukan secara sistematis mulai dari Penilaian Terhadap Pelaksanaan hingga refleksi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025