Jurnal Tecnoscienza
Vol. 4 No. 2 (2020): TECNOSCIENZA

Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer pada Siswa di SDN Mojoroto 6 Kota Kediri

Saputro, Bayu (Unknown)
Prasetyo, Cahyo Purnomo (Unknown)
Aflaha, Dwi Sari Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2020

Abstract

Perkembangan teknologi membawa banyak pengaruh positif di banyak bidang termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memungkinkan proses belajar mengajar berjalan lebih efektif dengan penggunaan aplikasi atau media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar pada anak. Oleh karena itu, setiap tenaga kependidikan dituntut mampu memanfaatkan teknologi komputer untuk menyampaikan materi ajarnya dalam bentuk alat peraga atau media pembelajaran kepada anak didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, mengumpulan data dan menganalisa hasil. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan animasi 2 dimensi dengan menggunakan software Adobe Flash Player. Aplikasi pembelajaran memfokuskan pada pokok bahasan pengenalan komputer mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pembahasan pengenalan komputer, hardware, software, brainware serta terdapat tes evaluasi dan video.Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer untuk membantu kegiatan pembelajaran bagi guru di SDN Mojoroto 6 Kediri serta menumbuhkan siswa yang aktif belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Multimedia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...