Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 5 No. 1 (2025): Penguatan Nilai-Nilai Demokrasi, Kewarganegaraan, dan Kearifan Lokal dalam Era

Pengembangan Video Animasi Wayang Kulit Berbasis Project based learning Dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global Dan Etika Kewarganegaraan Generasi Z

Yuliani, Heni (Unknown)
Pudjiastuti, Sri Rahayu (Unknown)
Suidat, Suidat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Banyaknya siswa yang bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku, maka karakter berkebhinekaan global dan etika kewarganegaran perlu diterapkan dan direalisasikan untuk tercapainya perilaku yang diharapkan. Salah satu faktor penting dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan siswa adalah saling menghormati, menghargai serta mengenal adanya sebuah perbedaan di dalam keberagamaan melalui media pembelajaran video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efek dari media pembelajaran video animasi berbasis wayang kulit dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan generasi gen Z. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  yang mana metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Subjek penelitian  siswa kelas IV SDN Ciledug Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, untuk menganalisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan juga analisis data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan media video animasi berbasis wayang kulit layak dan efektif dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan siswa. Adapun pembentukan karakter yang dilakukan adalah mampu menghargai dan menghormati keberagaman budaya yang ada dalam Berkebinekaan Global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...