Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 5 No. 1 (2025): Penguatan Nilai-Nilai Demokrasi, Kewarganegaraan, dan Kearifan Lokal dalam Era

Analisis Pelaksanaan Budaya 5s Untuk Menguatkan Karakter Peduli Sosial Di SDN Tambirejo

Unadiroh, Lulu' (Unknown)
Rondli, Wawan Shokib (Unknown)
Kuryanto, M. Syafruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena banyaknya siswa yang belum peduli terhadap sekitar. Oleh karena itu perlu diadakannya penguatan karakter peduli sosial melalui budaya 5S di SDN Tambirejo. Dalam membentuk karakter peduli sosial pada siswa menjadi lebih baik, guru SDN Tambirejo melaksanakan budaya 5S dan memberikan contoh bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanakan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada siswa SDN Tambirejo, dengan rumusan masalah mendeskripsikan pelaksanaan budaya 5S pada siswa SD dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan budaya 5S pada siswa SDN Tambirejo. Penelitian ini membahas tentang penguatan pendidikan karakter dalam budaya 5S pada siswa SDN Tambirejo. Budaya 5S dapat mempengaruhi karakteristik siswa karena pada usianya mudah untuk melaksanakan budaya 5S.Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dan guru kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa SDN tambirejo telah melaksanakan pendidikan karakter terutama peduli sosial melalui budaya 5S (senyum,salam, sapa, sopan,santun). Budaya 5S dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan keteladanan. Selain itu guru juga menguatkan karakter peduli sosial melalui pembelajaran.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...