SIGMA
Vol 10, No 2 (2025): SIGMA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO PINTAR (LUPIN) MENGGUNAKAN FLASHCARD UNTUK SISWA SMA KELAS X

Handayani, Agnes Putri (Unknown)
Faizah, Hanim (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Media pembelajaran perlu digunakan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung kepada siswa jenjang SMA khususnya mata pelajaran Matematika materi Barisan dan Deret, karena dapat memudahkan siswa dalam menerima materi agar tidak merasa bosan selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti mengkolaborasikan media pembelajaran permainan Ludo Pintar (LUPIN) dengan menggunakan Flashcard yang berisi soal-soal materi barisan dan deret. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan kelayakan media pembelajaran Ludo Pintar (LUPIN). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun, pada penelitian ini peneliti melaksanakan hingga uji coba terbatas dengan alasan keterbatasan waktu. Berdasarkan hasil penelitian, media permainan Ludo Pintar (LUPIN) termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan, rata-rata penilaian yang didapat sebanyak 88,4% dan 94% validasi materi, 88% dan 94% validasi tes hasil belajar, dan 97,5% dan 95% validasi media. Media permainan Ludo Pintar (LUPIN) dapat digunakan sebagai bahan ajar dan memiliki kualitas baik didasarkan pada perolehan hasil angket 93,7% respon guru, 98% respon siswa kelompok kecil dan 95% respon siswa kelompok lapangan. Keefektifan media permainan Ludo Pintar (LUPIN) juga dihitung melalui angket keaktifan siswa yang memperoleh nilai sebanyak 84,5% saat pembelajaran menggunakan media permainan Ludo Pintar (LUPIN).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...