Latar belakang penelitian ini berawal dari kurangnya kesadaran dan kecintaan siswa SD terhadap alam, yang dapat berdampak negatif pada perilaku mereka terhadap lingkungan. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus di SD Negeri 1 Tanggeung, penelitian ini mengeksplorasi penanaman kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan melalui inovasi pembelajaran berbasis lingkungan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif di kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi tema-tema yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan, seperti kegiatan outdoor learning, pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, dan proyek-proyek bertema lingkungan, efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kecintaan siswa terhadap alam. Batasan penelitian ini adalah fokus pada satu sekolah dan belum membandingkan dengan sekolah lain. Kesimpulan penelitian ini adalah inovasi pembelajaran berbasis lingkungan berpotensi besar dalam menumbuhkan karakter siswa yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan.Implikasinya, guru perlu didukung dan dilatih untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis lingkungan secara efektif.
Copyrights © 2025