Kemampuan numerasi siswa di SD Negeri Ngrenak belum optimal, hal ini disebabkan karena guru belum memperhatikan level-level kognitif AKM pada saat latihan soal sehingga pengabdian ini menawarkan solusi untuk melakukan pembinaan terhadap siswa dalam menyelesaikan soal-soal AKM Numerasi dengan memperhatikan level-level kognitif AKM, yaitu pemahaman, penerapan dan penalaran. Metode pelaksanaan pengabdian menggunakan metode ceramah, pembinaan dan diskusi. Adapun tahapan pengabdian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini, yaitu nilai AKM siswa di SD Negeri Ngrenak dapat meningkat pesat, hal tersebut dapat dilihat dari hasil Try Out sebesar 80% siswa mencapai nilai di atas 75. Selain itu, siswa mahir dalam menyelesaikan soal-soal AKM numerasi baik pada level pemahaman, penerapan dan penalaran. Bentuk pembinaan AKM ini sangat efektif untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal AKM Numerasi. Antusias guru dan siswa terkait proses pembinaan AKM sangat tinggi.
Copyrights © 2025