Edukimia
Vol 7, No 1 (2025): Edukimia - Vol. 07, Issue 01

Validitas E-Modul Ikatan Ion dan Kovalen Berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) Terintegrasi Teaching at The Right Level (TaRL) Fase F

Julianti, Sri Irma (Unknown)
Iryani, Iryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-modul ikatan ion dan kovalen berbasis Guided Inquiry Learning (GIL) terintegrasi Teaching At The Right Level (TaRL) fase F kelas XI dan mengungkapkan kategori validitasnya. Penelitian ini yaitu Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri dari 3 langkah yaitu investigasi awal, prototipe serta penilaian. Namun, penelitian ini dibatasi sampai prototipe III yaitu tahap validitas elektronik modul. Intrumen penilaian yang digunakan yakni angket validitas. Validasi e-modul dilakukan oleh 5 validator, yang terdiri dari 3 orang dosen kimia UNP dan 2 orang guru kimia fase F kelas XI SMA Negeri 1 X Koto. Hasil validasi dianalisis dengan formula Aiken’s V, Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, elektronik modul berada di kategori valid dengan nilai rata-rata V sebesar 0,92. Hasil ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah valid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...