Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung karena memiliki ciri khas dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Kepulauan Seribu. Salah satu Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi yang diminati banyak pengunjung yaitu adanya kualitas pelayanan yang diberikan yang dapat menimbulkan loyalitas dari wisatawan untuk datang kembali ke Pulau Tidung. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan di Pulau Tidung dan (2) Untuk mengetahui Loyalitas wisatawan yang datang ke Pulau Tidung. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 100 wisatawan yang telah berkunjung ke Pulau Tidung minimal sebanyak 2 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh skor tertinggi pada variabel kualitas pelayanan yaitu pada indikator pengetahuan petugas dalam memberikan informasi yang jelas kepada wistawan dan kelengkapan fasilitas permainan air di Pulau Tidung, sedangkan untuk variabel loyalitas wisatawan hasil tertinggi pada indikator kesediaan wistawan dalam berkunjung kembali dan untuk hasil terendah pada keinginan untuk tidak berpindah pada objek wisata lainnya.
Copyrights © 2018