Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah motivasi intrinsik dan ekstrinsik mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan belajar matematika siswa, serta untuk menilai tingkat relevansi pengaruh tersebut. Penelitian ini mengkaji data yang dikumpulkan melalui observasi, angket, ujian esai, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif, dengan desain penelitian ex post facto. Desain penelitian ini adalah kausal-komparatif, termasuk purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Denpasar, dengan sampel dua kelas, VII.5 dan VII.9 di SMP Negeri 7 Denpasar. Data penelitian mengungkapkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik mempunyai pengaruh sebesar 50,6% terhadap keberhasilan belajar siswa di SMP Negeri 7 Denpasar. Dengan tingkat signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan belajar matematika siswa.
Copyrights © 2025