Kepuasan pasien perlu ditinjau dari beberapa faktor. Kepuasan pasien menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan rumah sakit dalam persaingan yang semakin kompetitif. Dari beberapa survei di berbagai tempat masih banyak keluhan pasien rawat jalan rumah sakit yang mengindikasikan faktor kepuasan pasien rawat jalan terus perlu dievaluasi. Tujuan dari systematic review ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan adalah systematic review dengan menggunakan artikel yang terbit yaitu antara tahun (2019 sampai 2024). Sumber artikel berasal dari jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan PubMed, dengan kata kunci: “faktor kepuasan pasien, rawat jalan, rumah sakit” dan “patient satisfaction factors, outpatient, hospital”. Artikel kemudian disaring berdasarkan kriteria inklusi yang dirancang peneliti dengan mengacu pada panduan Prisma. Telaah terhadap 5 jurnal menunjukkan bahwa terdapat dimensi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien, yaitu mutu pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari waktu tunggu, komunikasi, dan profesionalisme. Dimensi prespektif pasien yaitu pertimbangan biaya pengobatan medis. Dimensi aspek sosiodemografi yaitu pendidikan, pendapatan, tempat tinggal, jenis asuransi, usia pasien. Kesimpulan pada systematic review ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan yaitu mutu pelayanan, kualitas pelayanan, prespektif pasien, dan aspek sosiodemografi. Seluruh dimensi tersebut perlu diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien, hal ini menjadi penting karena persaingan rumah sakit semakin kompetitif, sehingga perlu menjaga tingkat kepuasan pasien untuk bisa bersaing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025