Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penilaian Market Value Added terhadap pergerakan harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaa, dan harga saham tahunan setiap perusahaan yang merupakan sampel dalam penelitian periode 2013-2022, dan data gambaran umum perusahaan yang terdapat di BEI. Pemilihan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 10 perusahaan makanan dan minuman dari total 84 perusahaan. Hasil penelitian diukur dengan metode MVA yang menunjukkan nilai MVA secara keseluruhan dari perusahaan makanan dan minuman bernilai positif (MVA > 0) setiap tahunnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan makanan dan minuman memiliki kinerja yang baik dan karena telah mampu menciptakan nilai tambah pasar, pergerakan harga saham juga dapat dikatakan baik dan perusahaan juga telah mampu untuk menciptakan kemakmuran para pemegang saham. Kata Kunci : Harga Saham, Market Value Added
Copyrights © 2025