PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 9, No 1 (2025): Volume 9 Nomor 1 April 2025

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik

Lestari, Lisa (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Erna, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia, 3) Pengaruh gabungan kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode ex-post fakto. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 105 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket, dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari 16 item pernyataan untuk kedisiplinan belajar dan 19 item pernyataan untuk kemandirian belajar,  sedangkan untuk hasil  belajar kimia diambil dari hasil ujian akhir semester ganjil. Analisis data dilakukan menggunakan adalah analisis  deskriptif, regresi  sederhana dan regresi  berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,133 atau 13,3%. 2)  Kemandirian belajar   terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,131 atau 13,1%. 3) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,147 atau 14,7%. Kesimpulannya, terdapat pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...