Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: 1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia, 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia, 3) Pengaruh gabungan kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode ex-post fakto. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 105 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket, dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari 16 item pernyataan untuk kedisiplinan belajar dan 19 item pernyataan untuk kemandirian belajar, sedangkan untuk hasil belajar kimia diambil dari hasil ujian akhir semester ganjil. Analisis data dilakukan menggunakan adalah analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,133 atau 13,3%. 2) Kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,131 atau 13,1%. 3) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru sebesar 0,147 atau 14,7%. Kesimpulannya, terdapat pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI Medikal SMAN 4 Pekanbaru.
Copyrights © 2025