Era digital adalah sebuah keadaan yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis. Perubahan pola belanja masyarakat luas ke pasar digital memaksa para pelaku bisnis untuk terus beradaptasi.. Terdapat beberapa tantangan untuk pelaku bisnis melakukan digitalisasi produk. Tantangan pertama, yang juga tantangan utama, berasal dari literasi digital. Ditambah dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum sanggup untuk beradaptasi dengan permintaan online yang membutuhkan tanggapan cepat. Padahal, kunci dari berjualan secara online adalah dengan respon yang cepat yang dibarengi dengan produksi barang yang cepat juga. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk optimalisasi media social untuk periklanan Desa Teluk Tamiang Kecamatan Pamukan Utara Kabupaten Kotabaru dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi kepada perangkat desa dan juga UMKM di wilayah tersebut diharapkan para pelaku UMKM yang selama ini telah mengenal penjualan secara daring dapat lebih mengoptimalkan media social yang mereka miliki sehingga produktifitas dan peluang dari pasar lebih optimal .
Copyrights © 2024