Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kolaborasi dalam pengambilan keputusan untuk pemberdayaan peserta didik berprestasi di Madrasah Aliyah Provinsi Sumatera Selatan. Kolaborasi yang efektif antara pendidik, administrator, dan pemangku kepentingan sangat penting dalam mengembangkan dan menerapkan strategi yang meningkatkan pertumbuhan akademik dan pribadi siswa yang luar biasa. Melalui metode penelitian kualitatif, termasuk wawancara dan diskusi kelompok, penelitian ini mengidentifikasi praktik-praktik utama dan tantangan yang terkait dengan proses pengambilan keputusan secara kolaboratif. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi yang kuat, tujuan bersama, dan kepemimpinan yang mendukung berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan lingkungan yang membina dan memotivasi siswa berprestasi tinggi. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan strategi kolaborasi guna mendukung siswa-siswa ini dengan lebih baik dan mencapai keunggulan pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025