Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran, serta pola interaksi dan kegiatan dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V di SD Inpres Pakkolompo. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilaksanakan pada Maret-Juni 2021 dengan subjek guru kelas V dan informan kepala sekolah serta siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Hubberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi dalam pembelajaran Matematika meliputi: (1) Gaya mengajar yang mencakup variasi suara, gerakan badan, dan mimik wajah untuk menarik perhatian siswa; (2) Penggunaan media dan bahan pelajaran, termasuk media visual, audio visual, serta bahan belajar dari lingkungan sekitar; (3) Pola interaksi dan kegiatan yang melibatkan komunikasi multi arah, serta kegiatan ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran di luar kelas.
Copyrights © 2025