Pembelajaran dengan metode konvensional sering kali kurang efektif dalam menarik minat siswa serta meningkatkan pemahaman mereka. Rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil evaluasi yang menunjukkan pemahaman yang kurang mendalam menjadi permasalahan utama dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan situs DIMAS sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan menulis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan, dengan melibatkan peserta didik kelas II sebagai subjek penelitian. Sampel terdiri atas 15 siswa di kelas eksperimen dan 15 siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran melalui situs DIMAS memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi dan (2) situs DIMAS sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya pada materi salat fardur. Sehingga, dengan demikian, penggunaan situs DIMAS terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis siswa pada materi salat fardu secara signifikan.
Copyrights © 2024